Friday, January 19, 2018

Tips Cara Menyusun Laporan Study Tour dan Contohnya

Tips Cara Menyusun Laporan Study Tour dan Contohnya - Saat ini masih ada program study tour yang dilaksanakan oleh para siswa; setelah itu diikuti penyusunan laporan study wisata. Kali ini saya akan berbagi tips cara menyusun laporan study tour dengan mudah dilengkapi dengan contoh.


Study Wisata adalah salah satu kegiatan yang biasanya diadakan saat sekolah. Setelah mengikuti kegiatan ini biasanya siswa akan diajarkan untuk berlatih membuat karya ilmiah dalam bentuk laporan. 

Biasanya dalam penyusunannya sudah diberikan panduan yang lengkap. Namun begitu, kadang rekan pelajar masih bingung dan takut salah. Untuk itulah kita tambah informasi kita mengenai bagaimana penyusunan laporan tersebut.

A. Cara Menyusun Laporan Study Tour

Laporan study tour yang biasa disusun oleh para pelajar adalah laporan study tour yogyakarta, laporan study tour monjali, laporan study tour bonbin (kebun binatang) dan laporan-laporan study wisata lainnya. 

Agar sobat pelajar lebih mudah dalam menyusun laporan tersebut berikut akan saya bagikan beberapa tips mudah menyusun laporan study tour. Tips tersebut adalah sebagai berikut:

Tentukan isi laporan yang akan disusun
Isi laporan yang akan disusun tentunya tergantung dengan tempat yang dikunjungi selama study tour. Jika sobat berkunjung ke tiga tempat saat study tour maka tiga tempat tersebut akan menjadi isi dari laporan yang dibuat.

Buat daftar isi
Setelah menentukan isi sobat dapat langsung menyusun daftar isi dari isi laporan yang akan dibuat. Buatlah daftar isi lengkap atau setidaknya mencakup seluruh bab pada laporan yang akan dibuat. 

Daftar isi ini akan memandu sobat untuk menyusun materi-materi yang akan disajikan dalam laporan tersebut. Untuk melihat daftar isi lengkap silahkan sobat menanyakan ke sekolah masing-masing untuk format laporan yang diberikan sekolah.

Cari materi yang akan dibahas
Setelah daftar isi tersusun maka langkah selanjutnya adalah mencari sebanyak mungkin informasi yang berkaitan dengan infomasi (isi) yang akan kita bahas. 

Informasi ini dapat dicari dari sumber online atau dari buku-buku atau laporan terdahulu yang telah dibuat sebelumnya. 

Setelah materi ini terkumpul sobat dapat mempelajari materi yang ada sesuai kunjungan yang telah dilakukan.

Susun laporan berdasarkan materi yang ada
Berbekal informasi yang didapat dari sumber lain dan informasi yang diperoleh saat melakukan study tour, susunlah laporan tersebut satu demi satu sesuai dengan daftar isi yang telah dibuat. 

Sobat dapat mengembangkan paragraf demi paragraf dari materi yang didapat. Sederhananya, kita bisa mempelajari materinya dan kemudian menyusun informasi yang kita dapat dengan bahasa kita sendiri.

Revisi laporan sebelum dicetak
Setelah laporan tersebut tersusun pastikan sobat setidaknya satu kali lagi mengecek hasil laporan yang telah dibuat. Lakukan perbaikan yang dibutuhkan, baik dari segi penulisan maupun isinya. 

Setelah itu sobat dapat mencetaknya. Setelah dicetak, rekan semua juga perlu mengecek lagi bagaimana susunan dan bentuk laporan yang tadi. Barang kali masih ada satu dua kesalahan yang belum dibenarkan. 

B. Contoh Laporan Study Tour Lengkap

Untuk melengkapi tips yang saya berikan kali ini, saya akan memberikan contoh laporan study tour yang telah disusun sobat pelajar tahun lalu. Beberapa contoh tersebut dapat kita pelajari lebih jauh. 

Jika membutuhkan contoh yang saya maksud silahkan sobat pelajari contoh yang ada melalui tautan-tautan yang disediakan berikut ini. Silahkan dipelajari dan dijadikan referensi tambahan.

1) Contoh Lengkap Laporan Study Tour
2) Laporan Kunjungan Museum Lampung
3) Contoh Laporan Study Tour Museum Lampung

Ada banyak kesulitan dalam menyusun sebuah laporan namun dengan mempelajari beberapa tips mudah menyusun laporan study tour tersebut di atas semoga sobat semua dapat lebih mudah dalam penyusunan tugas study tour yang diberikan. Sampai disini saja tips kali ini semoga bermanfaat!

Tips Cara Menyusun Laporan Study Tour dan Contohnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti