Friday, May 31, 2019

Macam - Macam Alat Optik dan Fungsinya

Macam - Macam Alat Optik dan Fungsinya - Seorang pelajar sibuk mencari artikel macam-macam alat optik dan fungsi dari alat tersebut. Karena alasan itu kali ini akan dibahas lengkap mengenai alat optik yaitu macam-macam alat optik beserta fungsinya.

mata sebagai alat optik canggih

Bagi sebagian yang sudah mengerti materi pelajaran ini silahkan review materi alat optik dan fungsinya berikut ini. Pembahasan ini menyambung pembahasan sebelumnya mengenai bagian teleskop, silahkan disimak selengkapnya.

Untuk alat optik ini setidaknya ada beberapa jenis atau macam yang akan kita bahas disini secara ringkas. Beberapa macam alat optik tersebut yaitu sebagai berikut:

1. Mata
2. Kacamata
3. Kamera
4. Mikroskop
5. Teleskop bintang, dan seterusnya

Untuk dapat memahami berbagai macam alat optik tersebut kita akan mengulas inti dari fungsi masing-masing alat tersebut. Pembahasan lebih detail mengenai hal ini bisa kita baca di bagian lain yaitu melalui tautan masing-masing yang ada di bawah ini.

A. Mata

Alat optik yang pertama adalah mata. Tentu untuk yang satu ini sudah jelas ya. Mata merupakan bagian yang sangat penting bagi makhluk hidup.

“Bukankah Kami telah memberikan kepadanya (Manusia) dua buah mata???” (Alqur’an AlKarim 90:8)

Mata adalah alat optik super canggih dan hebat yang dikaruniakan Allah swt , cara kerja mata ditiru oleh manusia dalam membuat kamera. 

Mata kita dilengkapi dengan berbagai alat bantu, seperti lensa mata yang dapat berubah jarak fokusnya secara otomatis, jutaan sel sensor yang dapat membedakan warna dan air mata yang menjaga lensa mata tetap dalam kondisi yang bersih.

B. Kacamata

Yang kedua adalah kacamata. Di dunia modern alat ini juga sudah sangat dekat dalam kehdupan manusia. Dalam catatan sejarah, kaca mata banyak ditemukan didalam kebudayaan Cina pada abad ke-12, sedangkan Eropa pada abad ke-13.

Fungsi utama dari kacamata pada saat itu, adalah membantu penglihatan manusia. Saat ini kacamata dipakai untuk berbagai jenis keperluan dalam kehidupan manusia.

Seperti, Keamanan, Perlindungan dari sinar matahari (Sunglasses), Mode, Keperluan Khusus dan lain sebagainya. Bagaimana menurut rekan semua?

C. Kamera

Kamera mempunyai sejarah yang sangat panjang, cikal bakalnya adalah dengan ditemukannya “Camera Obscura” yang pertama kali ditemukan oleh Ilmuan muslim bernama Ibnu al-Hitsam sekitar tahun 1000 M.

Meskipun merupakan cikal bakal kamera, tetapi Camera Obscura tidak seperti yang kita lihat sekarang.

Camera Obscura hanya memproyeksikan sinar yang berasal dari benda yang jauh, kemudian dibiaskan oleh lubang kecil yang berada di salah satu sisi pada ruang gelap, yang disebut “Baytul Mudzim” (kamar gelap) selanjutnya, gambar hasil proyeksi tersebut dilukis secara manual oleh tangan seorang pelukis atau hanya diamati saja.

Kamera yang secara lansung merekam gambar kedalam film dan bersifat permanen, pertama kali dibuat oleh Joseph Nicephora Niepce.

Ia menggunakan kotak kayu yang agak besar untuk dibawa berpergian. Kamera pertama yang berukuran kecil dan dapat dibawa dengan mudah, dibuat oleh Johann Zahn pada tahun 1685 M.

D. Mikroskop

Mikroskop berasal dari kata Micron ( kecil) dan scopein (melihat). Sehingga mikroskop berarti alat untu melihat benda-benda kecil. Mikroskop pertama kali ditemukan sekitar tahun 1600-an. Namun, penemu pertamanya sendiri masih menjadi perdebatan. 

Nama-nama yang disebut sebagai penemu pertamanya antara lain Hans Lippershey (yang disebut sebagai pembuat teleskop pertama), atau Hans Jansseen dan puteranya Zacharias.

E. Teropong Bintang

Teropong bintang adalah alat yang digunakan untuk melihat atau mengamati benda-benda di luar angkasa seperti bulan, bintang, komet, dan lain sebagainya. Sifat bayangannya adalah maya, terbalik dan diperbesar.

F. Teropong Bumi

Teropong bumi adalah alat yang digunakan untuk melihat atau mengamati benda-benda jauh yang ada di permukaan bumi. Bayangan yang terbentuk sifatnya maya, diperbesar dan tegak.

G. Mikroskop

Mikroskop adalah alat yang dapat digunakan untuk melihat suatu benda yang jaraknya dekat dengan ukuran yang sangat kecil (mikron) untuk diperbesar agar dapat dilihat secara detil.

Sifat bayangan yang terjadi yaitu maya, terbalik dan diperbesar. Biasanya digunakan untuk melihat bakeri, sel, virus, dan lain-lain.

H. Teropong Prisma

Teropong prisma adalah tropong yang berfungsi untuk melihat benda yang jauh agar tampak lebih dekat dan terlihat jelas.

I. Periskop

Periskop adalah teropong yang digunakan oleh kapal selam yang pada umumnya digunakan untuk melihat keadaan sekitar di luar kapal selam.

J. Teropong Cermin

Tropong Cermin adalah teropong yang digunakan untuk melihat benda-benda langit antariksa dengan sifat gambar tidak terbalik, diperbesar, maya.

K. Teropong Radio

Teropong radio adalah benda optik yang digunakan untuk melihat benda angkasa di luar angkasa yang jaraknya sangat jauh sekali.

L. Episkop

Episkop adalah suatu benda yang berguna untuk memproyeksikan gambar yang tidak tembus cahaya dengan sifat bayangan tegak diperbesar.

M. Proyektor Slide

Proyektor slide adalah alat yang memiliki fungsi menampilkan bayangan sebuah gambar positif yang dapat ditembus cahaya.

N. Overhead Proyektor / OHP

Over Head Projectror adalah benda yang berguna untuk melihat bayangan gambar diapositif seperti yang umumnya digunakan untuk presentasi di kelas.

O. Kaca Pembesar / Lup / Loop

Kaca pembesar adalah benda optik yang berguna untuk mengamati benda kecil agar tampak lebih besar dan jelas dengan menggunakan jenis lensa positif.

Demikianlah tadi materi untuk tugas kali ini. Semoga sedikit rangkuman mengenai Macam - Macam Alat Optik dan Fungsinya di atas bisa menjadi tambahan belajar bagi kita semua. Silahkan lanjutkan ke beberapa materi lain yang sudah disiapkan dibagian bawah.


Referensi
http://buletin-bismillah.blogspot.com/2012/01/alat-alat-optik-dan-fungsinya-yang.html
Buletin-bismillah

http://isidunia.blogspot.com/2012/03/11-macam-alat-optik.html

Macam - Macam Alat Optik dan Fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti